Rabu, 23 November 2016

Padang punya Pantai Air Manis yang menyimpan kisah legenda. Apalagi kalau bukan cerita tentang si anak durhaka Malin Kundang. Konon, dia dikutuk menjadi batu oleh ibunya sendiri.
Kini, batu yang dipercaya sebagai Malin Kundang yang dikutuk ibunya itu, masih terjaga sampai sekarang dan bisa dilihat oleh wisatawan yang datang berkunjung ke Pantai Air Manis. Banyak pengunjung penasaran untuk bisa melihat secara langsung penampakan batu Malin Kundang yang terkenal itu.
detikTravel pernah berkunjung ke Pantai Air Manis yang berada di sebelah selatan Kota Padang beberapa waktu silam. Jika naik kendaraan umum ambillah jalur melewati jalan raya Teluk Bayur. Jalannya bisa ditempuh menggunakan bus Trans Padang dengan rute Lubuk Buaya-Pasar Raya-atas Kota, dengan harga tiket sekitar Rp 4.000.
Turunlah di Pasar Raya, lalu perjalanan dilanjutkan dengan menumpang angkot nomor 433. Mintalah kepada supir angkot untuk menurunkan Anda di persimpangan Pantai Air Manis, tepatnya di depan SMA 6 Padang.

air manis beach
Dari sana untuk menuju Bukit Malin Kundang, Anda perlu menggunakan jasa ojek atau mobil pribadi, karena tidak ada angkutan umum yang melewati jalan ini. Jangan khawatir, begitu turun dari angkot, Anda akan menemukan pengendara ojek sudah berjajar di depan gapura jalan.

batu malin kundang
Ongkos menumpang ojek sekitar Rp 20 ribu sekali jalan. Namun traveler bisa menawarnya dan hanya membayar Rp 35 ribu saja untuk jasa ojek menuju Bukit Malin Kundang PP.
Perjalanan menuju Pantai Air Manis cukup berkelok-kelok. Jalurnya menanjak sejauh 3 kilometer, dan turunan juga sepanjang 3 kilometer. Setelah melewati jalan yang berliku, sampailah di Pantai Air Manis yang landai.


Untuk bisa masuk ke pantai yang tidak berpasir ini, traveler perlu membayar Rp 5.000 dan biasanya 'diberikan' kepada penunggu warung atau penjaga setempat. Bagi yang belum pernah ke pantai ini, batu Malin Kundang tidak serta merta langsung ditemukan karena 'tersamarkan' dengan bebatuan lainnya. 
Letak batu ini tepat di daratan Pantai Air Manis. Jika diperhatikan benar-benar, batu ini memang menyerupai sosok manusia yang sedang bersimpuh dan menelungkup. Tampak jelas punggung, tangan serta kepala Malin Kundang si anak durhaka.


Batu ini pun menjadi incaran wisatawan untuk berfoto sampai harus antre dulu. Ada juga fotografer yang menawarkan jasa berfoto dengan Batu Malin Kundang, dimana setiap foto wisatawan harus membayar Rp 20 ribu saja, dan fotonya langsung bisa dibawa pulang.



Di pinggiran pantai juga tersedia pondok-pondok yang dapat disewa jika ingin berlama-lama menikmati sejuknya angin pantai. Satu pondokan ditawarkan dengan harga Rp 20 ribu, dan Anda bisa bersantai di situ sepuasnya.


Ada pula tempat-tempat makan yang menjual makanan hingga panganan seperti rempeyek dan mie cup. Anda juga bisa menikmati segarnya air kelapa langsung dari buahnya. Pokoknya kalau ke Padang, sempatkan untuk mampir ke Pantai Air Manis untuk melihat Batu Malin Kundang.

0 komentar:

Posting Komentar

Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Member Asita

Blog Archive

Popular Posts

Blinkie Text Generator at TextSpace.net

Minangkabau Land

Minangkabau Halal Tourism

Translate Here

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese

Like This

news

Booking Here

Nama

Email *

Pesan *

Blog Demo